TEMPO.CO, Washington - Indonesia bersama negara-negara berkembang lainnya diperkirakan akan memiliki peran dominan di bidang ekonomi dan politik pada 2030, mengambil alih peran negara-negara barat. Berdasarkan hasil studi Dewan Intelijen Nasional Amerika Serikat dalam laporan "Global Trends 2030: Alternative Worlds" disebutkan pengaruh negara-negara barat akan semakin menurun seiring stagnasi pertumbuhan yang mereka alami.

Seperti dilansir Business Times, 17 Desember 2012, Asia diperkirakan akan melampaui Amerika Utara dan Eropa dalam ukuran produk domestik bruto, jumlah populasi, belanja militer dan investasi teknologi. Dewan Intelijen Amerika menyediakan informasi bagi komunitas intelijen negara itu. Mereka menyebutkan prospek ekonomi dunia akan semakin tergantung pada posisi negara berkembang, yang dipimpin Cina, India, dan Brazil.

Pemain-pemain di kawasan seperti Indonesia dan Korea Selatan di Asia, Kolombia dan Meksiko di Amerika Latin juga akan menjadi sangat penting bagi ekonomi global. Buktinya negara-negara berkembang menyumbang lebih dari 50 persen pertumbuhan global dan 40 persen dari investasi global. Dewan Intelijen menyatakan data itu bisa berpotensi meningkat sehingga memberikan tantangan ketidakstabilan ekonomi global.

“Kontrasnya pertumbuhan yang cepat di negara-negara kawasan itu membuat ketidakseimbangan global dimana menyumbang terjadinya krisis finansial pada 2008 dan sistem internasional,” ungkap laporan itu.

Pertanyaan penting dari perkembangan ini, menurut laporan itu, adalah apakah pengembangan beragam pusat pertumbuhan ini bisa membuat daya tahan ekonomi dunia semakin meningkat.

Analisa : Sumber daya alam indonesia tidak dipungkiri sangat besar sekali, hanya saja pengelolaannya yang belum maksimal. belum lagi banyaknya pemalakan liar, pengemplangan pajak dan lain-lain yang merugikan negara. kalau itu semua bisa masuk ke kas negara, maka akan menjadikan pendapatan indonesia meningkat.

Sumber : http://www.tempo.co/read/news/2012/12/17/090448774/Indonesia-Akan-Jadi-Salah-Satu-Kekuatan-Dunia