Jakarta, (Analisa). Koperasi didorong untuk mengembangkan ekonomi produktif melalui layanan koperasi berbasis energi terbarukan dengan cara meningkatkan perannya untuk menjadi pengelola Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH).
"Kami sedang melaksanakan berbagai program peningkatan peran koperasi dan UKM untuk menjadi pengelola PLTMH," kata Deputi Bidang Produksi Kementerian Koperasi dan UKM, Braman Setyo, di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, sejak 2004 hingga 2011 pihaknya telah melaksanakan program pembangunan dan pengelolaan PLTMH oleh koperasi dengan sumber pembiayaan dari APBN.

Kementeriannya telah merealisasikan pembangunan PLTMH sebanyak 12 unit yang dikelola oleh 12 koperasi di 11 kabupaten yang tersebar di 9 provinsi senilai Rp13,3 miliar.

"Dari investasi sebesar itu kapasitas terpasang mencapai 671 KW dan mampu melistriki 2.128 rumah tangga," katanya.

Kegiatan itu, kata dia, juga didukung dana APBD II oleh masing-masing daerah penerima sebagai dana sharing.

Pada 2012, pihaknya mengalokasikan dana Rp2,7 miliar yang diperuntukkan kepada 3 koperasi yang berlokasi di Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumbar, Nagekeo NTT, dan Konawe Sultra dalam rangka pembangunan dan pengelolaan PLTMH.

"Pada 2013 kami memprogramkan inisiatif baru yaitu peningkatan pelayanan kebutuhan listrik masyarakat untuk usaha produktif melalui pemanfaatan energi baru dan terbarukan," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan itu bertujuann untuk memfasilitasi pembangunan PLTMH untuk mendukung pertumbuhan ekonomi pedesaan melalui wadah koperasi.

Selain juga untuk memanfaatkan potensi sumber daya air untuk menghasilkan energi terbarukan.

"Ada 10 daerah calon penerima untuk 2013 ini," katanya.

Sebanyak 10 daerah itu yakni Pidie-Aceh, Toba Samosir-Sumut, Solok-Sumbar, Solok Selatan-Sumbar, Oku Selatan-Sumsel, Enrekang-Sulsel, Manggarai Timur-NTT, Alor-NTT, Sumbawa-NTB, dan Mamasa-Sulbar.

Analisa : Penambahan unit usaha diharapkan bisa menggerakkan perekonomian di level masyarakat bawah. Dengan mendorong kegiatan ini, masyarakat akan terbantu baik yang menjadi anggota koperasi atau pun tidak.


Sumber : http://www.analisadaily.com/news/read/2013/01/05/98246/koperasi_didorong_jadi_pengelola_pembangkit_listrik/#.UOeJ96w9200